Apa itu Cloud Computing? Pengertian, Jenis, dan Karakteristik


Hallo sobat Ryzulla, sudah lama sekali tidak memberikan informasi yang mungkin sedang anda cari.. kali ini Ryzulla akan coba menjelaskan apa sih yang dimaksud cloud computing? Apa itu Cloud Computing? dan Penjelasan secara lengkap dari berbagai info mengenai Cloud Computing! Ayo Check it out bro.

Akhir-akhir ini istilah cloud computing banyak dibicarakan banyak orang, namun banyak sekali kerancuan terhadap penjelasan atau pengertian Cloud Computing itu sendiri. Kita mulai bahas mengenai awal mula Colud Computing atau kapan sih cloud Computing ini muncul? Istilah Cloud Computing ini muncul ketika perusahaan sudah mulai menggerakkan bisnisnya berbasis IT, dimana perusahaan yang bisnisnya berbasis IT mulai berpikir untuk mencari solusi bagaimana cara untuk tetap memberikan fasilitas penyampaian pelayanan komputasi, seperti server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, analisa, dan banyak lainnya melalui internet dengan memangkas biaya serta hal-hal lain yang semakin meningkat dijaman yang serba canggih ini dengan cara tidak perlu berinvestasi dengan membeli perangkat server karena harganya tidaklah murah.

Penyedia jasa cloud computing disebut juga

cloud providers. Penyedia jasa ini menyewakan server kepada penyewanya dan akan menagih pembayaran sesuai dengan pemakaiannya, seperti bandwidth, listrik, penyimpanan, sumber daya komputer (memory, CPU) sebagaimana seperti membayar tagihan listrik dan air rumah.

Secara tidak sadar, sekarang ini kita sedang menikmati pelayanan cloud computing, contohnya adalah mengirim e-mail, menyunting dokumen, menonton film, mendengarkan music, bermain video game, atau bahkan menyimpan file. Semua itu adalah berkat dari cloud computing.

Lalu Apa sih pengertian Cloud Computing? 
Ada beberapa pengertian yang saya dapatkan melalui mbah google namun kali ini saya akan memberikan penjelasan secara umum terlebih dahulu :

Cloud Computing merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Istilah Cloud Computing digunakan untuk menyelesaikan suatu proses atau perhitungan melalui internet, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung.

Jadi, agar mudah dipahami anggap saja Cloud Computing menurut perusahaan dibidang IT yang ternama yaitu Microsoft, Cloud Computing merupakan sebuah penyampaian pelayanan komputasi, seperti server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, analisa, dan banyak lainnya melalui internet. Karena penggunaan internet sudah meluas, maka diberikanlah istilah awan karena bisa diakses kapanpun dan di manapun.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan atau lembaga mulai menggunakan cloud computing sebagai penggerak roda bisnis mereka. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Cost (Biaya)
    Perusahaan tidak perlu membeli server, melakukan perawatannya, menjaga temperatur ruangan server, dan menjaga listrik tetap mengalir ke server. Semua faktor itu memerlukan biaya yang sangat tinggi. Maka dari itu, perusahaan dapat menggunakan jasa cloud computing untuk menghemat biaya dan waktu. 
  2. Speed (Kecepatan)
    Pelayanan cloud computing sangat cepat dan otomatis. Ketika pelanggan memerlukan tambahan sumber daya dengan beberapa klik, maka pelayanan tersebut akan secara otomatis menambahkan sumber daya yang diinginkan tanpa perlu menunggu teknisi terlebih dahulu dan meringkas waktu. 
  3. Global scale (Skala global)
    Cloud computing harus mampu berkembang skalanya. Maksudnya adalah harus memperhitungkan sumber daya yang tepat, seperti kinerja cloud, penyimpanan, dan bandwidth. Perhitungan tersebut disesuai dengan letak geografis cloud. 
  4. Productivity (Produktivitas)
    Cloud membantu mengurangi pekerjaan pada bagian infrastruktur IT, seperti memasang server di rak, instalasi kabel; sistem operasi; dan aplikasi, dan itu semua terlalu makan banyak waktu. Cloud dapat memangkas waktu divisi IT untuk melakukan target bisnis perusahaan yang lebih penting. 
  5. Performance (Pekerjaan)
    Pelayanan cloud computing berjalan di jaringan luas yang aman, di mana infrastrukturnya selalu diperbarui ke peralatan paling mutakhir untuk mempercepat pekerjaan dan efisien tenaga. Salah satu hal yang berdampak adalah berkurangnya waktu tunda jaringan untuk aplikasi. 
  6. Reliability (Keandalan)
    Cloud computing selalu membuat cadangan data, pemulihan dari bencana, dan kelanjutan bisnis karena data dapat digandakan ke beberapa jaringan penyedia cloud.
 Lalu apa sih Ciri-Ciri Cloud Computing atau Karakteristiknya?
  1. Resource Pooling
    Sumber daya komputasi yang dikumpulkan oleh penyedia layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan model multi-tenant. 
  2. Broad Network Access
    Kapabilitas dari suatu layanan cloud provider yang tersedia lewat jaringan internet yang dapat diakses oleh banyak perangkat, seperti Smartphone, Laptop, dan hal lainnya. 
  3. Measured Serviced
    Layanan untuk mengoptimasi dan memonitor layanan yang dipakai secara otomatis.
  4. Rapid Elasticity
    Layanan cloud provider yang dipakai oleh cloud consumer secara dinamis berdasarkan kebutuhan.
  5. Self Service Cloud consumer bisa mengkonfigurasikan secara mandiri atau dengan diri sendiri yang ingin digunakan untuk menjadi sebuah sistem, tanpa ada bantuan dari pihak cloud provider. 
Terdapat beberapa Layanan Cloud Computing, yaitu:
  1. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)
    Pelayanan ini paling banyak dijumpai di cloud provider. Pelayanan ini menyewakan peralatan IT mereka, seperti server, virtual machine, penyimpanan, CPU, jaringan, sistem operasi dari penyedia jasa dan membayar sejumlah yang penyewa pakai.
  2. Platform-as-a-Service (Paas)
    Pelayanan ini menawarkan cloud untuk menjalankan beberapa aplikasi, seperti web atau mobile tanpa khawatir mengatur infrastruktur server. Ibaratnya tinggal install dan aplikasi siap digunakan.
  3. Software-as-a-Service (SaaS)
    Pelayanan ini memungkinkan penyewa layanan untuk menjalankan aplikasi di cloud. Tanpa perlu memasang aplikasi, penyewa cukup menggunakan web browser terbaru untuk menikmati pelayanan ini. Contohnya adalah Office 365 yang memungkinkan menggunakan perangkat lunak Microsoft Office melalui web browser.


Dengan banyaknya kegunaannya terdapat beberapa Jenis Cloud Computing, yaitu:
  1. Public cloud
    Jenis cloud ini banyak dijumpai, seperti tempat penyimpanan online. Salah satunya adalah Google Drive dan OneDrive. Jenis ini dapat diatur agar dapat diakses oleh orang lain ataupun tidak. Fasilitas tersebut biasanya diatur dengan pemiliknya menggunakan akun.
  2. Private cloud
    Jenis ini dimiliki oleh sebuah bisnis atau lembagai. Jenis ini biasanya penyewa cloud dapat menggunakan server mereka sendiri dan kemudian menyewa layanan pihak ke-tiga untuk menggunakan pelayanan cloud. Cloud ini dapat diakses melalui jaringan pribadi dan biasanya menyangkut bisnis internal.
  3. Hybrid cloud
    Jenis ini mengombinasikan antara public dan privatecloud untuk memperbolehkan bertukar data dan aplikasi. Dengan memperbolehkan data dan aplikasi berpindah dari private menuju public, hybrid cloud memberikan fleksibilitas bisnis dan lebih banyak opsi penyebaran aplikasi.


Lalu apa sih contoh Penerapan Cloud Computing pada Bidang Pelayanan yang ada disekitar kita?
Cloud Computing dapat diimplementasikan didalam bidang apapun, misalnya dibidang Pendidikan. Cloud Computing sangat berperan untuk membantu majunya dunia Pendidikan khususnya Indonesia! Contohnya:
  • Library Online

Hampir disemua sekolah baik dari SD sampai Perguruan Tinggi diindonesia memiliki Library Online. Contohnya adalah Library Online Universitas Gunadarma. digital library atau electronic library atau virtual library adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

Referensi :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • http://cloudindonesia.com/cloud-computing-untuk-bidang-kedokteran-di-indonesia/
  • https://azure.microsoft.com/en-in/overview/what-is-cloud-computing/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »