Etika Menulis di Internet

Agan" sekalian pasti sebelumnya sudah tau kan yang namanya internet? nah dalam posting ini saya akan memberi tahu agan" semua tentang cara menulis yang baik  dan benardi internet , yang pasti ini sangat di perlukan agan" untuk menulis email, posting di blog, chatting, dll. kebanyakan agan" tidak menghiraukannya kan ? nah coba mulai dari skrng agan" membiasakan diri menulis di internet dengan etika dana tata cara yang benar , dan tidak berlama" lagi saya akan menjelaskannya serakang.


Etika tersebut adalah:


1. Jagalah kehormatan diri anda di internet sebagaimana anda menjaganya dalam kehidupan nyata. jangan hanya karena anda merasa tidak dikenali lalu berlaku kasar atau tidak pantas.

2.Ingatlah bahwa di Internet anda berhubungan dengan manusia, bukan cuma komputer. perlakuan yang anda inginkan dari mereka. Bisa juga dibalik. Perlakuan yang anda terima akan sepadan dengan cara anda memperlakukan mereka.

3.Jangan memboroskan bandwidth dan waktu akses dengan mengirim grafik, gambar,dsb. kecuali memang tidak terhindarkan.

4. Jangan terdorong untuk selalu kontroversial. Dunia ini sudah penuh keragaman. Hargailah pendapat orang lain dan jangan memaksakan pendapat.

5. Berbagilah pengetahuan yang berharga. Internet akan berkembang terus dan akan semakin mudah diakses. Saling berbagilah untuk meningkatkan kualitas diri.

6. Hindarkan anak - anak dari informasi yang belum sesuai bagi pertumbuhannya. Internet adalah suber Informasi tanpa batas dan sangat mudah untuk menginkatkan pengetahuan dana wawasan. Awasilah bagaimana anak anda menggunakan internet.

7. Jangan melanggar hukum. Hukum yang berlaku didunia nayata, banyak yang juga berlaku di internet, termasuk hak perorangan, kecurangan dan, penyesatan, hakcipta dan,merek, gangguan, hujatan dan, masalah kerahasiaan. Berlakulah wajar seperti di dunia nyata.

8. Hormatilah privasi peserta lainnya. Jangan menyebark e-mail address seseorang tanpa ijin, seperti halnya kita tidak menyebarkan nomor telepon seseorang semaunya. Juga jangan mendaftarkan email orang lain ke milis atau news group tanpa seiijinnya.

9. Jangan memanfaatkan keberadan anggota group untuk tujuan lain. Keberadaan banyak orang di internet memang dapat di manfaatkan untuk bisnis, tetapi tidak semua milis atau news group pantas untuk itu

10. Siaplah memaafkan kesalahan seseorang. Internet dihuni banyak orang bukan komputer. Dan manusia dapat saja berbuat salah.

dan selain etika di atas di bawah ini cara menulis yang baik di internet :

1.Gunakan bahasa yang sopan.

2. Jangan berteriak". Menulis dengan mengaktifkan huruf besar dapat di artikan sebagai pertanda kemarahan dan kurang ajar. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali. Anda tentu pergi sekolah dan belajar membuat karangan, jadi gunakan ilmu tersebut. Gunakan huruf besar dan kecil pada tempatnya.

3. Kenali dengan siapa anda bicara salah satu siasat perang Tzun Zu adalah "Kenali dirimu dan kenali lawanmu maka kau akan selamat dalam pertempuran". Mengenali lawan bicara kita akan membaut kita lebih berhati" dalam menulis. Jika belum mengenali siapa lawan bicaramu. Tidak gaul dan sedikit resmi tidak masalah ayng penting tidak menimbulkan masalah.

4. Jangan Lebay, lebay adalah bahasa gaul yang saat ini sedang ngetrend tetapi bahasa yang tidak di anggap pantas di guankan sebagai bahasa internet .

5. Jangan asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawbab.

6. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.

7. Jelaskan masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.

8.buat agar e-mail anda informatif dan tidak asala panjang lebar.

9. Tulis pertanyaan anada dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

10. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.

11. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.

12. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.

13. Jika ada yang menjawab dengan kasar biarkan saja.

14. Jangan tersingung.

15. Jangan posting ulang pertanyaan anda.

16. Jangan melakukan personal attack.

17. Jangan menulis hal - hal yang berbau SARA dan Pornografi.

nah sudah tau kan etika dan cara menulis di internet? nah sekian dari saya semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

Sumber: http://fauzipratama11.blogspot.com/2013/10/etika-menulis-di-internet.html#more

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar